Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Begini, Cara Membandingkan Karpet Dan Lantai Kayu

Membandingkan karpet dan lantai kayu — saat kita berada di dalam rumah, tentunya hal yang selalu di ingin yaitu faktor kenyamanan. Rumah yang nyaman juga tentunya di dukung oleh beberapa faktor, yang salah satunya penggunaan bahan material seperti penutup lantai.

Di Dunia ini dengan perkemabangan jaman yang cukup pesat dan teknologi yang maju, sehingga banyak sekali jenis-jenis penutup lantai yang mempunyai unsur kenyamanan, contohnya saja karpet dan lantai kayu.

Kedua jenis penutup lantai tersebut masing-masing memiliki fungsi yang sama untuk dipergunakan pada hunian rumah. Akan tetapi apakah anda sudah mengetahui perbandingan antara karpet dan lantai kayu ?. 

Mungkin bagi sebagian orang telah memikirkan yang sama yaitu dari proses pembuatannya yang menggunakan bahan dasar berbeda, bukan ?. Namun bukan itu saja, karena masih ada point lainnya yang bisa anda ketahui.

Membandingkan karpet dan lantai kayu

Lantai Kayu Indonesia, akan memberikan informasi terkait perbandingan karpet dan lantai kayu. Oleh sebab itu untuk lebih jelasnya lagi. Yuk kita simak terlebih dahulu penjelasan tentang mengenal karpet dan lantai kayu, berikut ulasannya di bawah ini ini.

Mengenal Karpet

mengenal karpet

Mungkin jika kita berkunjung di salah satu kerabat atau keluarga, karpet dapat kita temukan dengan mudah. Ya itu karena penggunaan karpet sudah di kenal cukup luas, mungking karena sipat karpet dapat memberikan rasa hangat dan lembut saat dipergunakan.

Saat kita berada di dalam rumah dan memiliki suhu di daerahnya yang dingin, karpet dapat menjadi solusi untuk dipergunakan pada bangunan rumah, ya itu semua mungkin bukan tanpa sebab, terdapat beberapa tipe produk karpet yang di sesuaikan dengan kebutuhkan.

Dari beberapa tipe produk karpet di bedakan dengan penggunaan bahan dasar dalam proses pembuatannya contohnya seperti tipe karpet berbahan nilon, woll. propylene, dan lain sebagainya.

Dengan seiringnya waktu kapret berkembang cukup pesat dengan berbagai macam varian warna dan motif pada permukaan karpet. Sehingga dalam pemilihan warna produk karpet pun terbilang mudah cukup mudah, bahkan untuk pemasangannya pun dapat dilakukan oleh anda sendiri.

Menarik bukan ?. mengenai karpet yang terbilang efisien. Namun jangan lewatkan juga karena karpet pun memiliki nilai kelebihan dan kekurangannya, seperti :

Kelebihan Karpet

  • Memiliki kelembutan pada permukaan karpet, yang dapat memberikan rasa nyaman.
  • Perawatan yang cukup mudah.
  • Beragam varian warna pada permukaan karpet, yang dapat anda tentukan dengan selera.
  • Rasa hangat akan anda dapatkan dalam menggunakan karpet.

Kekurangan Karpet

  • Jika terkena noda membandel seperti tinta, akan susah untuk di hilangkan, bahkan tidak bisa sama sekali.
  • rumah bagi para debu, oleh sebab itu walaupun perawatan mudah tetapi mudah juga terkena debu.
  • Jika terkena air dan di biarkan gitu aja, lambat laun dapat mengeluarkan aroma yang tidak sedap.
  • Jika warna permukaan karpet kusam, tidak bisa untuk di kemablikan ulang, anda perlu menggantinya dengan yang baru.
Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan karpet, anda dapat melihat pada artikel yang terkait yaitu : Ketahui Kekurangan Dan Kelebihan Karpet Sebelum Membeli 

Itulah kelebihan dan kekurangan yang di miliki oleh karpet. Bagaimana tidak, tentunya saja setiap bahan material memiliki kelibahan dan kekurangannya masing-masing dengan dibedakan cara proses pembutannya.

Mengenal Lantai Kayu

mengenal lantai kayu

Lantai kayu merupakan produk penutup lantai dengan memiliki kualitas yang tinggi. Dapat kita lihat bahwa lantai kayu mempunyai daya tahan dan tingkat keawetannya sangat baik.

Apalagi lantai kayu memiliki popularitas yang kini menjadi tren dalam belakangan ini. Bukan tanpa sebab, lantai kayu memiliki tampilan dengan ciri khas tersendiri dengan di dukung oleh, jenis kayu berkualitas yang dipergunakan.

Terdiri dari beberapa jenis kayu berkualitas yang diantaranya seperti kayu merbau, kayu jati, kayu ulin, kayu bengkirai, kayu keruing, kayu sonokeling, dan lain sebagainya. Dari jenis kayu tersebut menghasilkan pula sebuah produk berkualitas yaitu :

  1. Lantai kayu solid.
  2. Lantai kayu laminated.
  3. Lantai kayu engeered.
  4. Lantai kayu outdoor ( decking kayu ).

Dari beberapa tipe produk lantai kayu dipergunakan dengan peruntukannya, untuk diaplikasikan berbagai macam kebutuhan.

Apalagi karena lantai kayu memiliki beberapa produk unggulan, tidak di herankan bahwa lantai kayu dapat di pergunakan pada area indoor dan outdoor.

Oleh sebab itulah lantai kayu kian hari mulai banyak peminatnya, apalagi yang sudah menggunakan lantai kayu, memiliki pengalaman yang ingin kita rasa kan juga, seperti pada saat melangkahkan kaki pada permukaan lantai kayu akan terasa empuk.

Dibalik keunggulan lantai kayu, jangan lewatkan juga bahwa lantai kayu memiliki nilai kelebihan dan kekurangannya juga lho. Lalu apa saja kah itu ?. yuk kita simak pada penjelasan di bawah ini.

Kelebihan Lantai Kayu

  • Lantai kayu memiliki motif dan warna yang cukup beragam, dengan di sesuaikan setiap tipe produk yang dimilikinya.
  • Memberikan rasa nyaman, yang dimana lantai kayu dapat mengeluarkan aroma khas dan permukaan empuk saat anda memijakan kaki.
  • Dapat dipergunakan hingga puluhan tahun lamanya, asalkan anda menjaga perawatan lantai kayu.
  • Dapat di aplikasikan di dua tempat yaitu indoor dan outdoor.

Kekurangan Lantai Kayu

  • Untuk tipe lantai kayu indoor rentan sekali terhadap air, yang dimana jika sering terkena air, lambat laun dapat rusak.
  • Mudah tergores, jika terkena benda yang dapat menyebabkan goresan pada permukaan lantai kayu.
  • Warna pada lantai kayu dapat kusam, ini biasanya pemakaian yang telah lama di gunakan dan juga tidak menjaga perawatannya.
  • Dalam proses pemasangan lantai kayu, dibutuhkan perhitungan yang matang, bahkan ada salah satu tipe produk perlu di lakukan oleh tenaga profesional karena agar menampilkna keindahan setelah proses pemasangannya.
Itulah penjelasan mengenai lantai kayu yang telah kita ketahui mulai dari tipe produk yang dimilikinya dan juga kelebihan serta kekurangan yang terdapat pada lantai kayu.

Lalu apa perbandingan dari lantai kayu dan karpet ?. dan mana yang lebih unggul ?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda dapat mengetahuinya pada infromasi di bawah ini. Simak penjelasannya.

Perbandingan Lantai Kayu VS Karpet

perbandingan lantai kayu vs karpet

Jika kita flasback pada penjelasan di atas tadi, tentunyua perbadingannya yang dapat kita lihat dengan mudah, yaitu terlihat dari penggunaan bahan dasarnya dalam proses pembuatannya.

Yang dimana lantai kayu menggunakan bahan alami berasal dari alam, dan untuk karpet kebanyakan bahan pembuatannya menggunakan bahan sintetis

Oleh sebab itu dapat kita simpulkan bahwa lantai kayu mempunyai daya tahan yang lebih baik di bandingkan dengan karpet. Namun itu jika kita melihat dari sisi perbandingan tentunya saja di relevan bukan jika lantai kayu di bandingkan dengan karpet.

Sebab sebenarnya dari kedua jenis penutup lantai tersebut memiliki saling keterikatan yang dimana jika anda menggunakan lantai kayu tetapi hawatir terjadi kerusakan yang disebabkan benda-benda di sekitar area lantai kayu, anda dapat menutupinya menggunakan karpet.

Oleh karena itu di dalam membandingkan sebuah bahan material itu semua dilihat dari sudut pandang masing-masing tergantung juga kebutuhan akan penggunaan bahan material yang akan dipergunakan pada hunian anda.

Posting Komentar untuk "Begini, Cara Membandingkan Karpet Dan Lantai Kayu"