Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Review Perbandingan Lantai SPC & lantai WPC. Mana yang lebih baik munurutmu?

Lantai SPC vs Lantai WPC - Bagi anda yang baru mendengar nama lantai SPC saya akan kasih penjelasannya. lantai ini sebanarnya belum terlalu populer masih kalah dengan lantai kayu yang jauh lebih populer di telinga masyarakat indonesia.

lantai spc vs wpc mana yang terbaik

Lantai SPC adalah kepanjangan dari Stone Plastic Composite, lantai ini terbuat dari batu kapur sehingga lantai ini termasuk lantai yang ramah lingkungan, aman bagi keluarga anda

Batu kapur merupakan bahan yang sering digunakan untuk marmer dan granit, batu kapur merupakan bahan lantai yang mengandung unsur senyawa organik. kualitas lantai spc tak jauh dari kualitas lantai marmer dan granit. sehingga lantai ini bisa di katakan sebagai lantai dengan kategori lantai berkualitas tinggi.

Untuk penggunaan lantai SPC biasanya digunakan pada area yang agak lembab, seperti kamar mandi dan ruangan dapur. lantai ini mengandung kedap air sehingga cocok untuk dapur dan kamar mandi.

Apakah lantai ini bisa digunakan untuk ruang tamu atau ruangan kamar?

Sebenarnya jika anda menginginkan untuk memasangnya selain kamar mandi dan dapur, itu boleh-boleh saja. namun ya pastinya akan ada kekurangan karena jelas lantai spc lebih baik digunakan untuk kamar mandi dan dapur saja.

Baca selengkapnya perbedaan lantai PVC, WPC, SPC

Kelebihan dari lantai SPC

kelebihan lantai spc

Lantai SPC memiliki keunggulan atau kelebihan sehingga anda tak perlu banyak berfikir untuk menggunakan lantai berkualitas ini, kelebihannya yaitu:

  • Tak akan melengkung atau mengerut
Bahan yang digunakan lantai ini adalah batu, maka lantai ini tidak akan melengkung seperti lantai kayu yang menggunakan kayu berkualitas rendah.
  • Ramah lingkungan
Batu yang mengandung senyawa organik selalu di kategorikan sebagai lantai yang aman bagi kesehatan, lantai ini tidak banyak menggunakan campuran kimia. jadi lantai ini cocok digunakan oleh anda.
  • Tahan terhadap panas
Tahan panas disini maksudnya tahan terhadap api, jenis lantai tidak mudah terbakar
  • Tahan air
Bahan yang digunakan adalah batu yang tahan air, walaupun sering terkena air kuman tidak mudah menempel pada lantai SPC
  • perawatan yang mudah
Dalam merawat lantai SPC tidak begitu sulit, sama dengan jenis lantai lainnya yaitu cukup di sapu dan di pel saja

Kekurangan dari lantai SPC

  • Terdapat kandungan logam
Jika anda menemukan harga lantai SPC yang mahal itu bagus, biasanya lantai spc yang di jual mahal memiliki kandungan logam yang tidak begitu banyak. sehingga baik untuk kesehatan anda dan keluarga.

Jika harga lantai SPC yang di jual dengan harga murah sebaiknya anda berhati-hati, lantai spc dengan harga yang murah selalu memiliki kandungan logam yang banyak dan berbahaya bagi kesehatan keluarga anda
  • Tidak dapat menahan sinar matahari dengan waktu yang lama
Lantai SPC di kategorikan sebagai lantai yang tahan panas api, akan tetapi jika lantai spc sering terkena sinar matahari secara langsung sebaiknya di hindari, jika sudah terlanjur memasang lantai spc pada tempat yang dekat dengan sinar matahari, alangkah baiknya di tutup terlebih dahulu dengan tirau atau alat bantu lainnya.

Mengenal tentang lantai WPC

Mengenal lantai wpc

Lantai WPC adalah lantai yang digunakan untuk di luar ruangan (outdoor),  lantai ini tahan rayap dan tahan air sehingga cocok digunakan di area outdoor. 

Lantai WPC merupakan lantai pengganti lantai yang sudah anda gunakan, misalnya lantai keramik, lantai granit, dan marmer.

Bahan lantai ini merupakan campuran dari plastik, dan kayu sehingga lantai ini di sebut lantai WPC yang kepanjangannya dari wood plastic composite

Jenis lantai ini sering di sebut dengan nama decking, karena penggunaanya di luar ruangan. hampir sama dengan jenis decking kayu namun bahan yang digunakan dan cara pemasangannya ada perbedaan.

Untuk keunggulan dari lantai WPC ini tidak kalah dengan lantai SPC, sehingga bisa anda gunakan untuk mempercantik rumah anda.

Keunggulan dari lantai WPC

  • Lantai yang tahan awet
Lantai ini terbuat dari plastik dan serbuk kayu namun dominannya lebih ke plastik. lantai ini akan awet karena tidak di makan rayap.
  • Cara merawat yang mudah
Perawatan yang anda lakukan cukup di sapu dan di pel seperti biasa, akan tetapi tetap saja anda tidak boleh menggeser barang berat yang akan menimbulkan lantai menjadi rusak
  • Tahan air
Kelebihan decking wpc sama seperti decking kayu yang tahan air, walaupun kehujanan lantai ini tidak akan membusuk. 

Kekurangan lantai WPC

Kekurangan dari lantai ini yaitu tidak bisa menyerap panas sinar matahari, sehingga permukaan lantai akan terasa panas ketika di injak.

Berbeda dengan decking kayu yang ketika terkena sinar matahari akan terserap oleh kayu tersebut.

Kesimpulan

Dari kedua jenis lantai SPC dengan WPC keduanya merupakan lantai yang berkualitas tinggi, baik digunakan untuk kebutuhan bangunan atau rumah anda. dua-duanya memiliki keunggulan dan kekurangan. sehingga anda tinggal pilih salahsatu saja mana yang terbaik dan sesuai dengan selera anda.

Posting Komentar untuk "Review Perbandingan Lantai SPC & lantai WPC. Mana yang lebih baik munurutmu?"