Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Cara Menata Dekorasi Interior Rumah Bernuansa Jepang Modern

 

Cara Menata Dekorasi Interior Rumah Bergaya Jepang

Siapa sih diantara kita yang tidak mengenal dengan budaya Jepang? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan semua hal-hal yang berbau negara Jepang. 

Ya, sebab negeri Matahari Terbit yang satu ini pernah bercokol cukup lama saat menjajah negara Indonesia.

Terlepas dari masalah penjajahan, seperti yang sudah kita ketahui bahwa Jepang terkenal dengan kecanggihan teknologinya. 

Tak hanya dari bidang teknologi, negara Jepang juga kaya akan insfratukturnya yang begitu berestetika.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika dunia konstruksi Jepang kerap dijadikan sebagai patokan bagi negara-negara Asia lainnya, termasuk negara Indonesia.

Nah, berbicara soal konstruksi Jepang, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan membahas seputar cara menata dekorasi interior rumah bernuansa Jepang Modern.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Membuat Dekorasi Interior Rumah Ala Jepang Modern

1. Alas Duduk Lantai

Cara Menata Dekorasi Interior Rumah Bergaya Jepang - sediakan alas duduk

Hal penting pertama yang harus kamu perhatikan dalam membuat dekorasi interior rumah ala Jepang, yakni keberadan alas duduk lantai. 

Meski temanya adalah rumah modern, namun sebagian besar masyarakat Jepang selalu menyediakan alas duduk lantai walaupn di rumahnya sudah terdapat sofa.

Alas duduk lantai tersebut bernama zabuton, dimana ia merupakan sebuah busa yang dilapisi dengan kain. 

Biasanya zabuton ini sering dipadupadankan dengan zaisu, berupa sebuah kursi lesehan Jepang yang tidak dilengkapi dengan kaki-kaki penyangga.

Adapun mengenai keberadaan kyousoku yang berupa perangkat pada interior rumah Jepang tradisional, dimana ia berfungsi sebagai sangahan lengan. 

Selain digunakan untuk bersantai, biasanya zabuton ini juga sering digunakan untuk kegiatan meditasi.

Baca Juga: Deretan Jenis Tikar Anyaman Khas Indonesia yang Sudah Mulai Langka

2. Menggabungkan Warna yang Sederhana

Cara Menata Dekorasi Interior Rumah Bergaya Jepang - menggabungkan warna sederhana

Perlu kalian ketahui, bahwa sebagian besar rumah-rumah orang Jepang itu mengusung perpaduan warna interior yang terdiri dari dua warna saja. 

Ya, contohnya seperti perpaduan warna putih dan abu-abu, cokelat muda dan putih, dan lain sebagainya.

Dengan penggabungan warna-warna tersebut, maka akan tercipta nuansa yang simple namun terkesan elegan dan modern. 

Apabila ukuran rumahmu itu tidaklah terlalu besar atau minimalis, sebaiknya kamu menggunakan perpaduan putih dan abu-abu. Mengapa demikian….???

Pasalnya, penggabungan antara warna putih dan abu-abu tersebut dapat menciptakan ilusi sehingga ruangan di rumahmu akan tampak lebih luas lho.

3. Menggunakan Lantai Kayu (Parket)

Cara Menata Dekorasi Interior Rumah Bergaya Jepang - menggunakan lantai kayu parket

Ini dia salah satu interior yang menjadi ciri khas dari rumah-rumah ala Jepang. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai kayu mempunyai kemampuan yang dapat menjaga suhu di dalam ruangan agar tetap hangat, sehingga sangat cocok diterapkan pada hunian di negara yang beriklim salju seperti Jepang.

Tak hanya dapat menciptakan suhu hangat, penggunaan lantai kayu juga tentunya dapat menghadirkan nuansa yang lebih mewah, elegan, dan natural pada sebuah hunian. 

Akan tetapi, dari segi materialnya lantai kayu tersebut akan dibedakan lagi kedalam dua tipe berbeda, yakni lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis.

Selain dari segi material, produk lantai kayu juga akan dibedakan lagi berdasarkan penempatannya.

Nah, untuk keterangan lebih lengkapnya lagi seputar produk lantai kayu, silahkan klik : Daftar Harga Lantai kayu Terbaru 2024

4. Mengoptimalkan Pencahayaan Alami

Cara Menata Dekorasi Interior Rumah Bergaya Jepang - mengoptimalkan pencahayaan alami

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sesuatu yang alami itu memiliki dampak yang sangat bagus untuk keberlangsungan hidup manusia. 

Begitu pun dengan pencahayaan alami, sehingga kamu harus memaksimalkannya pada interior rumah.

Oleh karena itu, usahakan untuk menempatkan jendela-jendela yang berukuran besar pada arah matahari terbit. 

Atau, kamu juga dapat menggunakan skylight dalam mengoptimalkan pencahayaan alami pada rumah.

Dengan adanya sistem pencahayaan alami yang baik, tentu saja dapat menunjang keindahan serta aktivitas di siang hari, sehingga kamu bisa lebih menghemat lagi dalam penggunaan lampu bukan?

Baca juga : Cara Mendekorasi Ruang Billiard di Rumah

5. Menghadirkan Tema Open Plan

Cara Menata Dekorasi Interior Rumah Bergaya Jepang - menghadirkan tema open plan

Selain hal-hal diatas tadi, rumah khas Jepang modern juga sering mengusung tema Open Plan. Lalu, apa yang dimaksud dengan open plan…???

Perlu kamu ketahui, tema open plan ini adalah konsep ruangan yang minim sekat. Selain terkesan lebih otentik, konsep ruangan yang satu ini juga merupakan pilihan paling tepat untuk rumah yang berukuran mungil.

Dalam hal ini, kamu bisa menggabungkan dua sampai tiga ruangan menjadi satu. Sebagai contohnya, kamu menggabungkan ruang keluarga dengan ruang makan. 

Disamping itu, pastikan juga bahwa semua barang-barang yang ada di rumah harus ditata dengan baik agar terlihat lebih rapih dan tidak sempit.

6. Gunakan Lampu yang Terang dan Lembut

Cara Menata Dekorasi Interior Rumah Bergaya Jepang - gunakan lampu yang terang tapi lembut

Tak hanya pencahayaan alami, pencahayaan buatan dari lampu juga tentunya mempunyai peranan yang tidak kalah penting dalam sebuah hunian. 

Dalam menciptakan hunian ala Korea, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan lampu yang terang namun bernuansa lembut.

Pada bagian tengah ruangan, kamu bisa menggunakan pencahayaan sentral melalui shade lamp (kap lampu) agar tidak terlalu silau. 

Bukan hanya itu, bahkan penggunaan kap lampu tersebut juga akan membantu penyebaran cahaya secara merata pada seluruh ruangan.

Artikel Menarik Lainnya : Tips Membuat Kolam Hias Menjadi Kece

7. Menggunakan Jenis Pintu Shoji (Sliding Door)

Cara Menata Dekorasi Interior Rumah Bergaya Jepang - gunakan pintu shoji

Inilah salah satu elemen paling penting yang memang kental dengan nuansa Jepang. Shoji atau yang biasa disebut dengan pintu sliding door kerap tampil pada tipe-tipe rumah Jepang yang modern maupun tradisional.

Bukan hanya itu, pintu shoji khas Jepang juga mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis pintu sliding door pada umumnya lho. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena bagian permukaan pintu shoji terbuat dari bahan kertas sehingga bisa ditembus cahaya dengan kerangka kayu.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini material kertasnya kebanyakan sudah diganti dengan gelas kaca yang terpasang di dalam kerangka kayu. 

Dengan menggunakan jenis pintu yang satu ini, maka jangan heran jika tampilan rumahmu akan tampak seperti rumah-rumah para pendekar Samurai Jepang lho.

8. Menggunakan Meja Berukuran Pendek

Cara Menata Dekorasi Interior Rumah Bergaya Jepang - gunakan meja pendek

Biasanya meja yang berukuran pendek ini kerap diaplikasikan pada rumah-rumah Jepang tradisional. Kendati demikian, tipe meja tersebut juga masih tetap bisa diaplikasikan pada ruah Jepang modern. 

Meja yang satu ini bernama Chabudai, dimana ia memiliki ketinggian kaki-kaki sekitar 15 cm sampai 30 cm.

Adapun materialnya yang terbuat dari bahan kayu, kemudian terdapat empat kaki penyangga. 

Selain dapat meningkatkan nilai estetika, meja chabudai juga memiliki kaki-kaki yang bisa dibongkar pasang sehingga membuatnya mudah dipindahkan kemana saja.

Mengenai fungsinya pada rumah modern, umumnya meja chabudai ini sering digunakan untuk beragam kebutuhan seperti meja belajar minimalis, meja makan, meja kerja, bahkan hingga dijadikan tempat duduk untuk anak-anak.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menata dekorasi interior rumah ala Jepang Modern. 

 

Posting Komentar untuk "Cara Menata Dekorasi Interior Rumah Bernuansa Jepang Modern"