Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Yuk, Kita Kenalan Dengan Kayu Pergola

 

mengenal kayu pergola

Kayu Pergola – Sebenarnya masih banyak masyarakat kita yang belum terlalu paham seputar fungsi pergola pada area taman. Dilihat dari tampilannya, sekilas pergola ini memang tampak mirip dengan gazebo hanya saja tidak dilengkapi dengan alas lantai.

Kendati demikian, keberadaan pergola kerap digungsikan sebagai tempat peneduh namun tidak sama dengan kanopi. Lantas, apa yang dimaksud dengan pergola dan untuk apa fungsinya...???

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar pergola, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian Pergola

Pengertian Pergola

Istilah Pergola itu sendiri berasal dari bahasa Latin yakni Pergula, dimana ia merupakan sebuah bangunan tambahan yang dililit tanaman rambat. Pada dasarnya, Pergola adalah jenis furniture taman yang mempunyai atap dengan fungsi sebagai pembatas area taman.

Baca Juga : Apa Itu Paranet dan Untuk Apa Fungsinya?

Untuk media penutupnya terdapat banyak sekali jenis tamanan rambat yang bisa digunakan, sehingga bisa kita pilih sesuai selera. Selain itu, kita juga bisa menggunakan tanaman rambat sayur-sayuran atau buah agar pergola menjadi lahan untuk meningkatkan produktivitas di rumah.

Fungsi Pergola Pada Taman

fungsi pergola pada taman

Perlu kalian ketahui, fungsi utama dari Pergola ini untuk memberikan bayangan yang teduh di area taman. Dengan kata lain, Pergola digunakan untuk meneduhkan area berjalan maupun area duduk outdoor.

Dari sekian banyaknya jenis material bangunan, kayu pun menjadi salah satu material yang kerap diandalkan untuk membuat Pergola. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Pergola yang berbahan kayu ini dapat mempertegas kesan natural dan alami.  

Pada awalnya, Pergola dikenal sebagai area tambahan di taman yang menjadi tempat hidupnya untuk jenis tanaman rambat. Seiring dengan berjalannya waktu, kini fungsi Pergola pada taman juga dapat memberikan efek teduh yang begitu sejuk dan alami.

Perbedaan Pergola Dengan Kanopi

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa pergola Pergola dan kanopi itu adalah elemen yang sama. Padahal, diantara keduanya memiliki perbedaan yang cukup menonjol lho. Ya, perbedaan antara Pergola dengan kanopi itu terdapat pada ide dasarnya.

Perbedaan Pergola Dengan Kanopi

Lebih ringkasnya lagi, Pergola merupakan sebuah konstruksi sederhana yang dapat dibuat dari material kayu atau pipa logam sehingga tampilannya sekilas mirip dengan kanopi.

Akan tetapi, faktor pembedanya terdapat pada penutup yang digunakan berupa tanaman rambat. Seperti halnya kanopi, Pergola juga berfungsi sebagai penangkal cahaya dan panasnya terik matahari.

Artikel Menarik Lainnya : Begini Cara Menghitung Biaya Pembuatan Rooftop Garden

Adapun mengenai perbedaan yang paling menonjol diantara Pergola dengan kanopi, yaitu terdapat pada bagian atapnya. Biasanya atap kanopi menggunakan bahan plastik polimer atau yang lebih dikenal dengan istilah polycarbonate, serta struktur atapnya yang bisa melengkung.

Sedangkan atap Pergola menggunakan tanaman rambat, yang mana strukturnya pun berbentuk datar dan tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar berselang-seling. Jika dinilai dari perbedaan fungsi, kanopi ini cenderug berfungsi sebagai media penghalang cuaca, entah itu dari sinar matahari maupun air hujan.

Sementara Pergola merupakan media peneduh dari cahaya matahari yang mengandalkan tanaman rambat. Mengingat atap yang digunakannya terbuat dari tanaman rambat, tentu Pergola ini tidak dapat melindungi dari air hujan. Pada intinya, Pergola hanya berfungsi untuk melindungi dari paparan sinar matahari saja.

Perbedaan Pergola Dengan Gazebo

Perbedaan Pergola Dengan Gazebo

Gazebo adalah sebuah bangunan outdoor yang biasanya menggunakan material kayu dan bambu. Selain itu, umumnya gazebo tampil dengan bentuk bundar atau heksagonal yang bagian lantai dan atapnya dibuat permanen.

Akan tetapi, tak jarang juga ada gazebo yang tampil dengan bentuk kotak maupun bentuk-bentuk berbeda lainnya. Begitu pun dengan Pergola, yang mana ia merupakan bangunan outdoor untuk memperindah tampilan taman.

Namun, secara umum Pergola mempunyai struktur yang lebih simpel dan kurang permanen. Jika gazebo biasanya menggunakan material kayu, maka Pergola bisa dibuat dengan material selain kayu.

Bukan hanya itu, Pergola juga tidak harus selalu dilengkapi dengan atap. Pasalnya, fungsi dasar dari Pergola ini memang hanya difungsikan sebagai pembatas taman saja.  

Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Membuat Kayu Pergola

1. Tentukan Fungsinya

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa keberadaan Pergola kerap difungsikan sebagai peneduh pada perluasan dari bangunan utama. Ruangan di bagian bawah atap Pergola dapat digunakan sebagai teras, ruang keluarga outdoor, hingga carport. Bahkan ada pula yang memanfaatkan Pergola hanya sebagai pemanis tampilan rumah saja lho.

2. Tentukan Ukuran Pergola

Setelah menentukan fungsinya, maka kamu harus menentukan ukuran luas area yang hendak dipasangi Pergola. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pembuatan Pergola akan bergantung pada luas lahan yang tersedia serta posisi penempatannya.

Jika lahan dirumahmu itu terbilang cukup luas, maka Pergola ini bisa kamu tempatkan di area tengah halaman sebagai sebuah bangunan terpisah untuk tempat bersantai. Selain itu, Pergola juga dapat dibuat menempel dengan bangunan rumah yang nantinya bisa kamu manfaatkan sebagai teras.

3. Tentukan Jenis Kayu yang Akan Digunakan

Ada berbagai jenis material yang bisa dijadikan bahan untuk pembuatan Pergola. Namun, kayu menjadi salah satu jenis material yang paling banyak dipilih untuk membuat Pergola. Ya, seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa penggunaan material kayu dapat mempertegas nuansa natural, sehingga sangat serasi dengan konsep taman outdoor.

Adapun mengenai berbagai jenis kayu yang umumnya digunakan dalam membuat pergola, seperti kayu merbau, kayu ulin, kayu bengkirai, kayu mahoni, kayu keruing, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Ketahui Perbandingan Kayu Merbau dan Kayu Jati

4. Desain Pergola

Sejatinya dasar Pergola merupakan bilah-bilah kayu dan besi yang disusun berjajar hingga membentuk sebuah atap. Dalam hal ini, kamu bisa menyusunnya sesuka agar tampilan atap Pergola ini tampak lebih berbeda dari biasanya.

Adapun mengenai desain Pergola lainnya juga yang menarik untuk dicoba, seperti Pergola kubikal atau pergola yang bentuknya menyerupai kubus. Bilah kayu tidak hanya terfokuskan untuk bagian atap saja melainkan juga terdiri dari sisi kiri dan kanan sehingga bisa membentuk ruang seperti kubus.

5. Furnishing dan Dekorasi

kamu bisa melengkapi Pergola dengan bangku atau meja untuk menunjang kegiatan bersantai. Jika ukuran Pergolanya terbilang luas, kamu pun dapat menambahkan sofa hingga perlatan barbeque. Dengan begitu, Pergola tersebut bisa dijadikan sebagai tempat berukumpul dan bersantai bersama keluarga tercinta.

Apabila area Pergola ingin terlihat lebih menarik, maka kamu bisa membuat tempat bersantai yang berupa ayunan beratapkan Pergola. Pada bagian dekorasinya, gunakanlah tanaman rambat dan bunga yang dililitkan ke rangka atap pergola.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan untaian lampu tumblr sebagai media penerangan Pergola di malam hari untuk menciptakan nuansa yang lebih hangat dan romantis.

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum hendak membuat pergola di rumah.

 

 

Posting Komentar untuk "Yuk, Kita Kenalan Dengan Kayu Pergola"