Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Ini Dia Jenis Lantai Kayu yang Cocok Untuk Dapur & Kamar Mandi

 

Jenis Lantai Kayu yang Cocok Untuk Dapur & Kamar Mand

Lantai Kayu Tahan Air – Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa kamar mandi dan dapur merupakan area yang selalu basah. Alhasil, hal tersebut dapat membuat kondisi lantai menjadi licin.

Tentu saja kondisi lantai yang licin akan meningkatkan risiko terpeleset. Ketika terpeleset, ada kemungkinan kita akan mengalami cedera ringan hingga cedera parah. Bahkan, tak sedikit kasus orang yang meninggal dunia karena kepalanya terbentur dengan keras akibat kondisi lantainya licin lho!

Oleh karena itu, sudah semestinya untuk mulai menggunakan material lantai yang mempunyai tekstur kesat agar tidak licin. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan beberapa jenis lantai kayu yang cocok untuk kamar mandi dan dapur.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Jenis Lantai Kayu yang Tahan Air

1. Deck Wood (Decking Kayu)

Deck Wood atau decking kayu merupakan produk parket yang pemasangannya memang dikhususkan untuk area-area basah, seperti pinggiran kolam renang, kamar mandi, dan dapur. Tak hanya itu, bahkan deck wood juga kerap diaplikasikan pada area-area outdoor.

Jenis Lantai Kayu yang Tahan Air - deck wood

Pasalnya, Deck Wood terbuat dari bahan kayu solid (kayu asli) yang sudah terbukti tahan terhadap faktor suhu maupun cuaca. Sehingga tak heran jika Deck Wood mempunyai tingkat kekuatan dan keawetan yang sangat mumpuni.

Selain itu, penggunaan Deck Wood juga dapat menonjolkan kesan yang lebih mewah, elegan, dan natural. Masih belum habis, bahkan tekstur permukaan Deck Wood terasa kesat sehingga tidak akan licin meski terkena air.

Baca Selengkapnya : Ini Dia Best Produk Lantai Kayu Outdoor, Dijamin Kuat

2. Lantai Vinyl

Vinyl merupakan material lantai sintetis yang berbahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis dan mudah dipasang. Tersedia berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, mulai dari motif bebatuan, keramik, granit, sampai motif kayu.

Jenis Lantai Kayu yang Tahan Air - lantai vinyl

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Nah, karena hal itulah yang membuat lantai vinyl banyak dipilih sebagai alternatif pengganti parket solid.

Akan tetapi, lantai vinyl hanya cocok diaplikasikan pada ruangan yang lembab saja seperti dapur. Jika diaplikasikan di kamar mandi, maka lem atau perekat yang berada di bagian bawah lantai vinyl akan terlepas karena terkena air secara terus-menerus.

3. SPC Flooring

Seperti halnya vinyl, yang mana SPC Flooring juga hanya cocok diaplikasikan di area dapur. Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia adalah produk lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. 

Jenis Lantai Kayu yang Tahan Air - spc flooring

Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl. Sehingga tak heran jika kualitas lantai SPC ini lebih unggul dari lantai vinyl. Hal itu pun terbukti, dimana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai SPC mempunyai sifat 100% anti air.

4. Laminated Flooring

Lantai laminated terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin, serta memiliki ketebalan sekitar 8 mm sampai 12 mm. Adapun ukuran panjangnya yang mecapai sekitar 1,28 meter hingga 1,3 meter.

Jenis Lantai Kayu yang Tahan Air - laminated flooring

Bukan hanya itu, lantai laminated juga sudah dibekali dengan system klik (interlock) pada bagian kanan dan kirinya sehingga membuat proses pemasangannya menjadi lebih mudah. Adapun empat lapisan yang terdapat pada lantai laminated seperti berikut:

  • Pada bagian paling bawahnya berupa lapisan pelindung berbahan melamin yang berguna untuk melindungi kayu dari kelembapan.
  • Untuk bagian atasnya terdapat bahan utama yang disebut High Density Fiber (HDF)
  • Pada bagian atasnya lagi terdapat material dekoratif bermotif kayu sehingga tampilannya menyerupai kayu asli
  • Untuk bagian paling atas terdapat lapisan film transparan yang berguna sebagai pelindung anti gores dan anti air.

5. Deck WPC

Jika dilihat dari tampilan fisiknya, selintas memang tidak ada yang berbeda antara Deck Wood dengan deck WPC. Hal itu bukan tanpa alasan, karena deck WPC memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Deck Wood.

Jenis Lantai Kayu yang Tahan Air - deck wpc

Istilah WPC itu sendiri merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite. Dengan kata lain, WPC adalah gabungan antara bahan plastik dan kayu. Kedua bahan tersebut diproses dengan cara dilebur, kemudian diolah sedemikian rupa sehingga terciptalah sebuah material seperti WPC.

Menurut informasi yang didapat, material WPC terdiri dari serat plastik sebanyak 50% dan serbuk kayu 50%. Hasilnya, WPC tampil dengan tingkat kekuatan yang begitu mumpuni. Tak hanya kokoh dan kuat, bahkan material WPC juga dapat menampilkan keindahan yang tidak kalah dengan material kayu asli lho.

Material WPC umumnya diaplikasikan untuk berbagai produk interior maupun ekesterior, seperti lantai indoor, lantai outdoor (decking), dinding, plafon, pagar, dan sebagainya.

Artikel Terkait : Perbandingan Deck Kayu Vs Deck WPC, Mana yang Lebih Baik?

Nah, itulah beberapa jenis lantai kayu tahan air yang bisa kamu aplikasikan pada kamar mandi dan dapur.

Untuk informasi pemesanan maupun layanan konsultasi semua produk lantai kayu, silahkan hubungi marketingnya di nomor yang sudah tertera di website ini.

Rekomendasi Material Lantai Selain Lantai Kayu Untuk Dapur & Kamar Mandi

Ketika memilih lantai untuk dapur dan kamar mandi, penting untuk memilih material yang tahan terhadap kelembaban, mudah dibersihkan, dan kokoh. 

Selain parket kayu, ada beberapa jenis lantai yang cocok untuk kedua ruangan tersebut. 

Baca Selengkapnya: Jenis Lantai terbaik untuk Lantai dapur

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Ini Dia Jenis Lantai Kayu yang Cocok Untuk Dapur & Kamar Mandi "