Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Daftar Jenis Kayu Kaso Terbaik

 

Jenis kayu kaso

Jenis kayu kaso – Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa kayu kaso merupakan salah satu elemen paling penting dalam menunjang kebutuhan konstruksi.

Lantas, kayu kaso digunakan untuk apa? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai seluk beluk seputar kayu kaso, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Fungsi Kayu Kaso

Pada dasarnya kayu kaso merupakan material bangunan yang terbuat dari bahan kayu asli. Mengenai fungsinya, kayu kaso ini sering digunakan untuk rangka dasar atap bangunan.

Mengenal Fungsi Kayu Kaso

Bukan hanya itu saja, kayu kaso juga kerap digunakan untuk penopang plafon hingga digunakan untuk proses pengecoran. Meski saat ini sudah hadir kaso berbahan besi hollow, namun kayu kaso masih banyak diminati dalam dunia konstruksi khususnya untuk bangunan rumah.

Menurut informasi yang didapat kayu kaso dijual dengan dua ukuran berbeda, yakni 4 x 6 cm dan 5 x 7 cm dengan panjangnya yang mencapai sekitar 4 meter. Adapun mengenai harga kayu kaso yang akan dibedakan dari segi ukuran serta jenis kayu yang digunakan.

Keunggulan Kayu Kaso

  • Kayu kaso lebih mudah diaplikasikan pada semua jenis rangka bangunan, sehingga proses pengerjaannya pun menjadi mudah, singkat, serta tidak membutuhkan peralatan khusus. Adapun peralatan yang kerap digunakan untuk pemasangan kayu kaso seperti paku, gergaji, dan palu.
  • Terdapat jenis kayu kaso yang tahan terhadap pelapukan maupun serangan rayap, sehingga sangat ideal dijadikan alternatif sebagai pengganti besi hollow.
  • Kayu kaso mempunyai kemampuan untuk menahan beban yang sangat berat. Itu sebabnya, mengapa kayu kaso kerap diaplikasikan untuk pembuatan rangka dasar atap.
  • Dibalik kekuatannya yang dapat menahan beban berat, namun bobot kayu kaso ini terbilang cukup ringan.
  • Tersedia beragam jenis dan ukuran sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan kayu kaso

  • Harga kayu kaso akan mengikuti kebutuhan pasar. Jika sedang tidak musim dan permintaan pasar cukup tinggi, maka harga kayu kaso ini akan menjadi lebih mahal.
  • Tampilan kayu kaso yang terkesan ketinggalan zaman, sehingga kurang ideal digunakan pada hunian minimalis modern.
  • Material kayu kaso lebih banyak digunakan untuk konstruksi bangunan ketimbang besi hollow. Itu artinya, penggunaan kayu kaso dinilai kurang ramah lingkungan karena bisa mengancam populasi pohon.

Baca Juga : Mengulas Fungsi Reng Kayu Pada Konstruksi

4 Jenis Kayu Kaso Terbaik

Setiap jenis kayu tentunya memiliki karakteristik tersendiri, mulai dari tekstur, warna, corak, hingga tingkat kekerasan dan kekuatannya. Dengan demikian, maka tak heran jika tidak semua jenis kayu itu cocok dijadikan kaso. Adapun mengenai beberapa jenis kayu kaso terbaik yang akan dibahas seperti berikut.

1. Kayu Meranti

kayu meranti

Kayu meranti memang terkenal dengan tingkat keawetannya yang begitu mumpuni. Terutama untuk jenis kayu meranti merah, yang mana daya tahannya itu jauh lebih baik ketimbang meranti putih maupun meranti kuning.

Dalam industri perkayuan, kekuatan kayu akan dikategorikan menjadi lima tingkatan. Ya, semakin kecil tingkatan kelasnya, maka kekuatan kayu tersebut akan semakin bagus. Tingkat kekuatan jenis kayu meranti merah termasuk kedalam golongan kelas II – IV, sehingga daya tahannya mampu mencapai 11 tahun.

Dinilai dari tingkat keawetannya, kayu meranti merah termasuk ke dalam kelas III – IV yang dapat bertahan hingga 10 tahun. Adapun proses pengawetan kayu meranti yang biasanya menggunakan campuran minyak diesel dan kreosot.

2. Kayu Kamper

Kayu Kamper

Salah satu keunggulan dari kayu kamper yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lain, yakni memiliki visual yang indah dengan pola seratnya yang menarik. Itu sebabnya, mengapa kayu Kamper tidak membutuhkan finishing yang lama untuk tetap indah dan estetik.

Tak hanya unggul dari segi tampilannya saja, bahkan kayu Kamper juga tingkat keawetannya yang sangat tinggi. Kayu Kamper mampu tahan terhadap serangan rayap terutama jika diberi perawatan yang baik. Bahkan yang lebih hebatnya lagi. Kayu Kamper sudah terbukti tahan banting dan termasuk kayu kelas I dan II sehingga tergolong kayu berkualitas.

Daya tahan kayu ini sangat baik dan kualitasnya hampir sama dengan kayu Jati. Aroma Kamper yang sangat khas membuat rayap tidak berani mendekat bahkan jenis hama lainnya, sehingga membuatnya ideal digunakan untuk kaso.

3. Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai

Kayu bengkirai mempunyai ciri khas dari segi tampilannya, yakni mengusung warna kuning kecoklatan. Itu sebabnya, mengapa kayu bengkirai sering disebut dengan istilah yellow balau. Kayu bengkirai juga mempunyai tekstur padat, yang mana ia dapat kering dalam waktu mulai dari 12 hari sampai 1 bulan pada suhu normal untuk kemudian diolah lagi menjadi berbagai kebutuhan properti dan konstruksi. 

Bukan hanya itu, bahkan kayu bengkirai juga mempunyai tekstur yang agak kasar dengan bobotnya yang lebih berat ketimbang kayu jati maupun kayu lainnya sehingga membuatnya sering digunakan untuk pondasi rangka atap.

Mengenai spesifikasinya, kayu bengkirai merupakan jenis kayu dengan tingkat kekuatan kelas l dan ll yang kualitasnya hampir setara dengan kekuatan kayu jati.

4. Kayu Jati

Bagian teras kayu jati ini tampil dengan warna emas gelap, sedangkan bagian gubalnya mengusung warna krem atau bahkan putih kecoklatan. Pada tingkat keawetannya, kayu jati termasuk kedalam kategori kelas I. Menariknya lagi, kayu jati mempunyai kandungan minyak pelumas yang berperan sebagai pelindung dari serangan rayap.

Kayu jati

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu jati tidak mudah ditembus oleh rayap, tidak mudah mengalami pelapukan, hingga tahan terhadap perubahan cuaca. Akan tetapi, tidak semua tipe kayu jati menawarkan kualitas yang sama.

Pasalnya, kayu jati akan dibedakan lagi kedalam beberapa kelas berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C. Sesuai dengan urutan kelasnya, dimana jati grade A memiliki kualitas yang lebih bagus ketimbang grade B dan grade C. Itu sebabnya, mengapa kayu jati grade A dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. 

Artikel Serupa : Parket Lantai Kayu Jati. Pilihan Terbaik Untuk Rumah Estetis dan Arsistik

Nah, itulah beberapa jenis kayu kaso terbaik yang tersedia dipasaran, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak membelinya.

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Daftar Jenis Kayu Kaso Terbaik"