Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Kenapa Lantai Kayu Pada Lapangan Voli Begitu Penting ?

Kenapa Lantai Kayu Pada Lapangan Voli Begitu Penting ?

Volleyball merupakan salah satu jenis olahraga yang paling populer di Indonesia, selain sepakbola dan bulu tangkis.

Hampir semua orang menyukai voli, baik itu anak-anak, dewasa, laki-laki maupun perempuan. Pertandingan-pertandingan Voli baik tingkat nasional hingga tingkat daerah selalu terselenggara dengan baik, dan itu merupakan bekal awal kemajuan voli Indonesia.

Untuk memajukan voli tanah air tidaklah cukup hanya dengan diselenggarakannya berbagai turnamen. Tetapi juga perlu di tunjang fasilitas dan dukungan dari berbagai pihak.

Dukurangan orang tua, pemerintan sekitar dan lingkungan untuk memfasilitasi para pemain agar dapat bertanding dan berlatih merupakan salah satu cara kita membantu perkembangan Voli tanah air.

Baca juga : Kenali Jenis Lantai Untuk Lapangan Badminton

Mengukur Efektivitas Lantai Lapangan Voli

Kenapa Lantai Kayu Pada Lapangan Voli Begitu Penting ?

Olahraga bola voli mewajibkan setiap pemainnya untuk dapat meloncat dan melakukan smash agar bisa mendapatkan poin dan memenangkan pertandingan.

Sayangnya, sering melompat terutama dalam aktivitas olahraga Voli dapat memberikan beberapa efek samping kurang baik terhadap tubuh.

Seperti Stres pada sendi dan tulang

Dimana melompat berulang-ulang dapat menempatkan beban berat pada sendi-sendi tubuh, terutama sendi lutut dan pergelangan kaki. Ini dapat menyebabkan stres dan peningkatan resiko cedera, seperti cedera ligamen atau tendinitis.

Cedera Kaki dan Pergelangan Kaki

Aktivitas melompat dapat meningkatkan risiko cedera pada kaki dan pergelangan kaki. Pendarahan, distorsi, atau patah tulang adalah beberapa contoh cedera yang mungkin terjadi akibat tekanan berulang yang diberikan pada area tersebut.

Oleh sebab itu, penggunaan lantai keras seperti beton kurang dianjurkan untuk menyelenggarakan turnamen skala provinsi apalagi national.

Kenapa Lantai Kayu Pada Lapangan Voli Begitu Penting ?
Sumber : sportstars.id

Lantai Beton / Cor

Lantai beton cenderung sangat keras, dan ini dapat berdampak negatif pada kenyamanan dan keamanan pemain. Terutama saat melompat dan melakukan gerakan cepat, tekanan pada kaki dan persendian bisa terasa lebih keras dan meningkatkan risiko cedera, terutama pada sendi lutut dan pergelangan kaki.

Kedua adalah karena Lantai beton memiliki kemampuan yang terbatas untuk menyerap guncangan atau kejut yang dihasilkan oleh melompat atau jatuh. Hal ini bisa menyebabkan risiko cedera lebih tinggi pada sendi dan tulang, serta meningkatkan risiko kelelahan otot.

"Volleyball membutuhkan lantai yang tidak terlalu keras agar dapat mengurangi resiko cedera pemain saat melompat"

Lantai Interlock

Lantai interlock adalah jenis lantai yang banyak digunakan untuk lapangan futsal, sebab sipatnya yang mudah di pasang dan memiliki cenkraman kuat, membuat para pemain tidak mudah tergelincir.

Meskipun lantai interlock ini tidak terlalu bagus dalam pantulan bola, namun bila kita amati pertandingan Voli, pantulan bola tidak menjadi kunci utama dalam memenangkan pertandingan dan keberlangsungan permainan voli seutuhnya.

Akan tetapi ada beberapa kekurangan lain yang mungkin saja dapat mengganggu, seperti :

Kurangnya Stabilitas

Lantai interlock mungkin kurang stabil dibandingkan dengan lantai yang dibuat secara langsung di tempat atau lantai permanen lainnya. Modul-modul yang terkunci bersama dapat sedikit bergeser atau bergerak saat digunakan secara intensif, terutama jika tidak dipasang dengan benar. Hal ini dapat mengganggu permainan dan meningkatkan risiko cedera pada pemain.

Kurangnya Peredam Kejut

Lantai interlock biasanya tidak memiliki peredam kejut yang signifikan. Ini berarti bahwa dampak dari melompat atau jatuh mungkin tidak diserap dengan baik oleh lantai, yang dapat meningkatkan risiko cedera pada sendi dan tulang.

Lantai Kayu

Jenis lantai terbaik untuk lapangan Voli

Lantai kayu sering digunakan dalam lapangan voli profesional. Lantai kayu yang khusus dirancang untuk voli memiliki kelebihan dalam mengurangi cedera, memberikan pengembalian bola yang konsisten, dan memberikan daya tolak yang tepat bagi pemain. Lantai kayu juga memberikan peredam kejut yang baik, sehingga mengurangi dampak pada lutut dan sendi pemain.

Lantai kayu juga memiliki beberapa keunggulan bila digunakan sebagai lapangan olahraga Volleyball. seperti :

Kekuatan Peredam Kejut

Lantai kayu memiliki kemampuan alami untuk menyerap kejut dan mengurangi dampak pada tubuh pemain saat melompat atau jatuh. Ini membantu mengurangi risiko cedera pada sendi, terutama lutut dan pergelangan kaki, yang sering terjadi dalam olahraga voli yang sering melibatkan lompatan tinggi dan gerakan tiba-tiba.

Jenis lantai terbaik untuk lapangan Voli

Selengkapnya : Penasaran dengan lantai pada Lapangan Basket ?

Daya Cengkeram yang Memadai

Lantai kayu memberikan daya cengkeram yang memadai bagi pemain voli. Permukaan kayu yang halus tetapi tidak licin memungkinkan pemain untuk bergerak dengan cepat, melakukan perubahan arah yang tajam, dan mempertahankan keseimbangan dengan baik. Ini penting dalam voli di mana kecepatan dan manuver yang cepat diperlukan.

Permukaan yang Responsif

Lantai kayu memberikan permukaan yang responsif dan memberikan daya tolak yang tepat bagi pemain voli. Permukaan kayu yang halus dan padat memungkinkan bola untuk memantul dengan konsisten dan terkontrol, sehingga memungkinkan para pemain melakukan gerakan yang akurat dan cepat.

Meskipun lantai kayu ini tergambarkan sebagai sebuah lantai paling ideal digunakan untuk lapangan indoor terkhusus voli yang memiliki intensitas melompat tinggi, namun lantai kayu juga memiliki beberapa kelemahan seperti :

Biaya yang Lebih Tinggi

Lantai kayu umumnya lebih mahal daripada beberapa jenis lantai lainnya. Biaya pembelian dan pemasangan lantai kayu dapat menjadi lebih tinggi, terutama jika menggunakan kayu berkualitas tinggi atau jenis kayu eksotis.

Pemeliharaan yang Intensif

Lantai kayu membutuhkan pemeliharaan yang rutin dan intensif agar tetap dalam kondisi yang baik. Ini termasuk perawatan seperti pembersihan, pelumasan, dan pengamplasan yang teratur. Jika pemeliharaan tidak dilakukan dengan benar, lantai kayu dapat menjadi kusam, tergores, atau bahkan terkikis seiring waktu.

Jenis Lantai kayu terbaik untuk lapangan Voli

Kayu yang digunakan untuk lapangan voli ataupun lapangan indoor lain seperti basket atau badminton haruslah memiliki sipat-sipat seperti berikut :

  1. Tingkat keras tinggi
  2. Tingkat kuat bagus
  3. Tidak mudah memuai dan menyusut
  4. Memiliki tingkat kawetan yang baik
  5. Tidak mudah di makan rayap
  6. Memiliki warna cerah

Setidaknya ada dua jenis kayu paling cocok digunakan untuk lapangan indoor yaitu :

Kayu Mapel

Salah satu kayu yang baik digunakan untuk lantai lapangan voli adalah kayu maple. kayu yang cerah dan memiliki kualitas sangat baik. Fungsi jenis kayu yang berwarna cerah ini adalah untuk memberikan kesan visual yang baik untuk pemain, penonton dan kamera.

Sayangnya, kayu maple ini bukanlah kayu lokal, dan keberadaannya di Indonesia sangatlah jarang. Oleh karenannya diperlukan jenis kayu lain sebagai alternatifnya.

Kayu Jati

Kayu Jati merupakan kayu yang dapat kita dapatkan dengan mudah di daerah nusantara, terutama daerah pulau Jawa.

Memiliki kualitas yang sangat bagus, keras, kuat, awet dan tidak mudah dimakan rayap. Ditambah dengan warnanya yang kuning cerah membuat kayu jati ini dapat memberikan kesan visual yang menawan pada lapangan Voli nantinya.

Jenis lantai terbaik untuk lapangan Voli

Jenis lantai terbaik untuk lapangan Voli



Nama : parket kayu Jati
kualitas : Grade A
Tebal : 1,2 cm
Lebar : 5 cm
panjang : 25 cm
Fitur : Pengunci T&G
Harga : Rp. 300.000 /m2

Selengkapnya : Informasi lantai kayu Jati

Jenis lantai rekomendasi lain = Vinyl Modular

Selain lantai kayu, ada juga jenis lantai lain yang menjadi rekomendasi untuk digunakan di area lapangan indoor, seperti lapangan Voli. Yaitu lantai Lantai Vinyl Modular.

rekomendasi jenis lantai lapangan voli

Jenis lantai Vinyl ini merupakan jenis lantai vinyl yang dirancang khusus untuk area lapangan Voli. 

Lantai vinyl modular ini terdiri dari modul-modul yang saling mengunci dan biasanya memiliki permukaan yang tahan lama, responsif, dan memberikan daya tolak yang baik. Lantai vinyl modular juga dapat memberikan perlindungan terhadap cedera dengan peredam kejut yang efektif, mengurangi dampak pada sendi dan tulang saat melompat dan bergerak.

Baca ini : Kenali Jenis Lantai Lapangan Indoor sesuai dengan Olahraganya

Kesimpulan

Lantai kayu dinilai paling cocok digunakan sebagai lantai untuk lapangan Voli indoor karena sipatnya yang dapat mengurangi resiko cedera karena resapan benturan yang baik. Meskipun selain lantai kayu, ada juga jenis lantai lain yang bisa melakukannya.

Ada baiknya, dalam memilih jenis lantai untuk lapangan Voli pertimbangkan berbagai variable. 

Terimakasih telah menyimak pembahasan kali ini hingga usai mengenai kenapa lantai kayu pada lapangan Voli begitu penting. 

Posting Komentar untuk "Kenapa Lantai Kayu Pada Lapangan Voli Begitu Penting ?"