Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Rekomendasi Jenis Motif Keramik Untuk Mempercantik Lantai & Dinding Rumah

 

Jenis motif lantai keramik

Jenis motif lantai keramik – Dari sekian banyaknya jenis material lantai yang tersedia dipasaran, keramik pun menjadi salah satu yang paling populer.

Hal itu terbukti, yang mana sebagian besar hunian menggunakan material keramik sebagai alas lantainya. Disamping harganya yang relatif murah, lantai keramik juga tersedia kedalam berbagai jenis berbeda.

Setidaknya ada beberapa jenis lantai keramik yang umum tersedia, seperti keramik glasir, keramik non glasir, keramik matte, keramik cutting edge, keramik licin, hingga keramik bertekstur kasar. Bahkan yang lebih menariknya lagi, lantai keramik juga hadir kedalam berbagai varian motif.

Nah, buat kamu yang ingin tahu seputar jenis-jenis motif lantai keramik, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Motif Lantai Keramik Terbaik

1. Keramik Motif Kayu

keramik Lantai Motif Kayu

Untuk kamu yang ingin menonjolkan kesan mewah, natural, dan elegan dalam hunian, maka keramik lantai dengan motif kayu ini merupakan pilihan yang paling tepat.

Pasalnya, lantai keramik motif kayu tidak kalah cantiknya dengan material kayu asli lho. Adapun mengenai berbagai jenis motif kayu yang bisa kamu pilih, mulai dari motif jati, merbau, kamper, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Parket Lantai Kayu Jati. Pilihan Terbaik Untuk Rumah Estetis Dan Arsistik

2. Keramik Motif Porselen

Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa porselen itu sama dengan keramik. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material keramik dan porselen memang memiliki bentuk yang hampir serupa.

Keramik Motif Porselen 

Padahal, antara keramik dengan porselen merupakan dua jenis material yang berbeda. Dari segi harga, lantai porselen menawarkan harga yang lebih mahal dari keramik.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini telah hadir lantai keramik yang mengusung motif porselen.

Kendati daya tahannya tidak sebagus lantai porselen yang asli, setidaknya tampilan motif pada keramik yang satu ini sudah menyerupai lantai porselen.

Baca selengkapnya: Ini Bedanya Lantai Keramik Dengan Lantai Porselen

3. Keramik Motif Teraso

Berbicara soal motif lantai keramik yang dapat menghadirkan nuansa etnik dan klasik, maka keramik motif teraso ini adalah jawabannya.

Keramik Motif Teraso

Pasalnya, Karakter utama pada keramik teraso mengusung motif yang menyerupai pecahan batu. Adapun materialnya terbuat dari bahan limbah marmer yang diolah kembali, sehingga dapat dijadikan alternative untuk lantai yang menyuguhkan tampilan memukau.

Motif keramik teraso tersedia kedalam berbagai varian, mulai dari serpihan batu alam, serpihan kaca, dan serpihan kerang laut.

Keramik teraso pada umumnya berukuran 20 x 20 cm hingga 60 x 60 cm, yang sering diapliaksikan pada bangunan berupa restoran, cafe, villa, dan lain sebagainya.

4. Keramik Motif Mozaik

Keramik Motif Mozaik

Nyentrik, cantik, dan eksotik, itulah kesan-kesan yang akan kamu rasakan saat menggunakan lantai keramik dengan motif mozaik.

Selain diaplikasikan sebagai lantai, bahkan keramik motif mozaik juga kerap diaplikasikan sebagai dinding kamar mandi untuk menghadirkan nuansa yang lebih berbeda.

5. Keramik Motif Hexagon

Keramik Motif Hexagon

Tak hanya keramik mozaik, Keramik motif hexagon juga memiliki tampilan yang tidak kalah cantik lho. Biasanya, motif keramik yang satu ini sering diaplikasikan pada rumah-rumah tipe minimalis.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan lantai keramik motif hexagon dapat membuat suasana di dalam rumah tampak lebih hidup dan tidak monoton.

6. Keramik Motif Polos

Keramik Motif Polos

Ini dia salah satu jenis motif lantai keramik yang memang sudah populer di Indonesia. Pasalnya, jenis keramik motif polos selalu diproduksi dalam jumlah yang banyak serta menawarkan harga relative murah.

Namun, ada juga motif keramik yang tidak sepenuhnya polos. Ya, hal itu bisa dilihat pada corak-corak berwarna abu-abu yang memang tidak terlalu menonjol.

Ukuran Lantai Keramik yang Sesuai Dengan Penempatannya

Ukuran Lantai Keramik yang Sesuai Dengan Penempatannya

Setelah mengetahui berbagai jenis motifnya, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai ukuran-ukuran keramik.

Adapun mengenai ukuran keramik yang berdasarkan penempatannya seperti berikut:

* Keramik Ukuran Kecil

Ukuran terkecil pada keramik yang tersedia berkisar 5 x 5 cm, 8 x 8 cm, dan 10 x 10 cm. Biasanya keramik tersebut sering diaplikasikan untuk bidang kecil dengan kedetailan tekstur yang tinggi, seperti tiang, kolam, ornament dinding, finishing kubah masjid, pagar rumah dan lain sebagainya.

Selain itu, ia juga bisa dipadukan dengan jenis keramik lain untuk menciptakan kombinasi motif keramik yang lebih indah.

* Ukuran Keramik Untuk Ruangan Minimalis

Material keramik yang biasa digunakan untuk ruangan minimalis berkisar 20 x 20 cm, 20 x 25 cm, dan 25 x 25 cm. Ukuran keramik ini dapat kamu aplikasikan untuk rungan yang tidak terlalu besar, seperti dapur, kamar mandi, tempat wudhu, dan sebagainya.

* Ukuran Standar Keramik Lantai dan Dinding

Pada penggunaan lantai maupun dinding rumah, maka ukuran standar keramiknya adalah 30 x 30 cm, 40 x 40 cm, 45 x 45 cm dan 50 x 50 cm.

* Ukuran Keramik Besar

Selanjutnya ada ukuran keramik terbesar, yakni 60 x 60 cm dan 80 x 80 cm yang biasa diaplikasikan untuk Masjid, teater, aula, museum, dan bangunan-bangunan luas lainnya.

Itu dia penjelasan singkat mengenai lantai keramik mulai dari motif dan ukuran, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.   

Dengan begitu, kamu bisa memilih material keramik yang sesuai kebutuhan hunian.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Jenis Motif Keramik Untuk Mempercantik Lantai & Dinding Rumah"