Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Cara Efektif Membasmi Kelabang dan Lipan Dari Rumah

Cara membasmi kelabang lipan

Cara membasmi kelabang lipan – Lipan dan kelabang adalah dua jenis hama yang sering ditemukan di rumah dan dapat menjadi sumber ketidaknyamanan bagi penghuninya.

Lipan biasanya terlihat sebagai serangga kecil yang berwarna coklat kehitaman, sementara kelabang seringkali disebut sebagai ular beludak dan memiliki potensi membahayakan.

Untuk menjaga rumah tetap bersih dan aman dari hama-hama tersebut, berikut dibawah ini ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan:

Tips Membasmi Kelabang & Lipan

1. Menjaga Kebersihan Rumah

Langkah pertama dan terpenting dalam memerangi lipan dan kelabang adalah dengan menjaga kebersihan rumahmu.

Menjaga Kebersihan Rumah

Bersihkan rumah secara teratur, termasuk menyapu dan mengepel lantai, membersihkan sisa makanan, serta membersihkan tumpukan barang-barang yang tidak terpakai.

Hindari meninggalkan makanan terbuka di meja atau di tempat-tempat terbuka lainnya yang dapat menarik perhatian lipan dan kelabang.

Baca juga: Cara Mengusir Plus Menghilangkan Tikus Dari Rumahmu!

2. Perbaiki Kerusakan Struktural

Lipan dan kelabang dapat masuk ke dalam rumah melalui celah atau retakan kecil di dinding, lantai, atau fondasi.

Perbaiki Kerusakan Struktural

Periksa rumahmu secara berkala untuk menemukan dan memperbaiki kerusakan struktural yang mungkin menjadi pintu masuk bagi hama-hama ini.

Mengisi celah-celah dengan sealant atau bahan pengisi lainnya dapat membantu mencegah lipan dan kelabang masuk ke dalam rumahmu.

3. Gunakan Alat Penghalau Serangga

Penghalau serangga adalah alat yang dirancang khusus untuk mengusir serangga, termasuk lipan dan kelabang, dari rumahmu.

Gunakan Alat Penghalau Serangga

Kamu dapat menempatkan penghalau serangga di sekitar rumah, terutama di area-area yang rentan menjadi tempat berlindung bagi hama-hama ini, seperti gudang, dapur, dan sebagainya.

Penghalau serangga ini umumnya mengandung bahan-bahan kimia yang tidak disukai oleh lipan dan kelabang, sehingga membantu mencegah mereka masuk ke dalam rumahmu.

4. Gunakan Aroma Pengusir Dengan Bahan Alami

Beberapa bahan alami memiliki aroma yang tidak disukai oleh lipan dan kelabang dan dapat digunakan sebagai pengusir alami.

Gunakan Aroma Pengusir Dengan Bahan Alami

Misalnya, bawang putih, cengkeh, dan kapur barus dapat dihancurkan dan ditempatkan di sekitar rumahmu untuk mengusir hama-hama ini.

Bahkan kamu juga dapat menggunakan minyak essensial seperti minyak lavender, peppermint, atau cedarwood dengan cara menyemprotkan atau meneteskan beberapa tetes di sekitar rumah.

5. Bersihkan Taman & Halaman

Kebun atau halaman yang tidak terawat dapat menjadi tempat persembunyian yang ideal bagi lipan dan kelabang.

Bersihkan Taman & Halaman

Pastikan untuk menjaga kebersihan taman dan halamanmu dengan memotong rumput secara teratur, membersihkan tumpukan daun atau kayu yang berserakan, dan menjauhkan tumpukan batu atau benda-benda lain yang dapat menjadi tempat persembunyian bagi hama-hama ini.

Baca juga: Tips terbaik untuk menata teras rumah menjadi sangat nyaman

6. Panggil Jasa Pembasmi Hama

Jika mengalami masalah yang serius dengan lipan dan kelabang di rumahmu, memanggil layanan penyemprotan profesional mungkin menjadi pilihan terbaik.

Panggil Jasa Pembasmi Hama

Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang diperlukan untuk mengidentifikasi sumber masalah dan memberikan solusi yang efektif.

Pastikan untuk memilih penyemprotan yang ramah lingkungan dan aman bagi diri sendiri dan keluarga tercinta.

Catatan:

Dengan menerapkan keenam tips di atas, kamu bisa memerangi lipan dan kelabang di rumah secara efektif dan menciptakan lingkungan yang bersih, aman, dan nyaman bagi penghuninya.

Tetaplah konsisten dalam menjaga kebersihan rumah, memperbaiki kerusakan struktural, menggunakan penghalau serangga dan bau pengusir alami, serta memperkuat perlindungan di sekitar rumahmu untuk mencegah lipan dan kelabang masuk kembali ke dalam rumah.

Dampak Bahaya Akibat Gigitan Kelabang & Lipan

Gigitan dari kedua hewan ini dapat menimbulkan berbagai bahaya yang perlu diwaspadai. Berikut adalah lima bahaya utama yang bisa timbul akibat gigitan kelabang dan lipan:

1. Reaksi Alergi dan Anafilaksis

Gigitan kelabang dan lipan dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Reaksi alergi ini bisa berupa gatal-gatal, bengkak, ruam, atau bahkan sesak napas dan pembengkakan yang parah, yang dikenal sebagai anafilaksis.

Anafilaksis dapat menjadi kondisi medis darurat yang mengancam jiwa dan memerlukan perawatan segera.

Orang yang mengetahui bahwa mereka alergi terhadap gigitan serangga tertentu harus selalu membawa obat-obatan yang diresepkan oleh dokter mereka untuk mengatasi reaksi alergi yang mungkin terjadi.

2. Risiko Infeksi

Gigitan kelabang dan lipan juga dapat meningkatkan risiko infeksi. Gigitan dari kedua hewan ini bisa mengakibatkan luka yang terbuka di kulit, yang kemudian bisa terinfeksi oleh kuman dan bakteri dari lingkungan sekitarnya.

Infeksi dapat menyebabkan gejala seperti kemerahan, pembengkakan, nyeri, dan demam. Jika tidak diobati dengan benar, infeksi dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius dan memerlukan perawatan medis.

3. Efek Toksik Dari Biasanya

Kelabang adalah hewan berbisa, dan gigitannya bisa mengenalkan racun ke dalam tubuh manusia.

Toksin yang ditemukan dalam bisanya bisa menyebabkan berbagai gejala yang berpotensi mematikan, tergantung pada jenis kelabang dan jumlah racun yang disuntikkan.

Gejala yang mungkin timbul setelah digigit oleh kelabang berbisa termasuk nyeri hebat, pembengkakan, muntah, diare, pusing, dan bahkan kejang.

Dalam kasus yang parah, gigitan kelabang bisa menyebabkan kerusakan organ dan kematian jika tidak segera diobati.

4. Kerusakan Jaringan & Nekrosis

Beberapa jenis kelabang, terutama kelabang berbisa, dapat menyebabkan kerusakan jaringan di area yang digigit.

Racun yang disuntikkan oleh kelabang bisa merusak sel-sel kulit dan jaringan di sekitarnya, menyebabkan nekrosis atau kematian jaringan.

Hal ini bisa mengakibatkan luka yang parah dan memerlukan perawatan medis yang intensif, termasuk pengangkatan jaringan mati dan perawatan luka yang berkelanjutan.

5. Risiko Kematian

Gigitan kelabang berbisa, terutama jika tidak segera diobati, bisa berujung pada kematian.

Racun yang dihasilkan oleh beberapa jenis kelabang bisa sangat mematikan, terutama bagi anak-anak kecil, orang tua, atau orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Bahkan dengan perawatan medis yang tepat, gigitan kelabang yang parah bisa menyebabkan kematian karena komplikasi yang timbul, seperti gagal jantung atau gagal ginjal.

Penutup:

Penting untuk diingat bahwa mencegah gigitan kelabang dan lipan adalah langkah terbaik untuk menghindari bahaya-bahaya yang terkait dengannya.

Hindari berjalan di tempat-tempat yang diketahui sebagai habitat kelabang dan lipan, gunakan pakaian yang melindungi ketika berada di alam terbuka, dan waspada terhadap lingkungan sekitarmu.

Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal digigit oleh kelabang atau lipan, segera cari pertolongan medis untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.

 

Posting Komentar untuk "Cara Efektif Membasmi Kelabang dan Lipan Dari Rumah"