Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Apa Itu Kisi-kisi Kayu? dan Untuk Apa Manfaatnya?

 

Apa Itu Kisi-kisi Kayu? dan Untuk Apa Manfaatnya?

Kisi-kisi Kayu – Memiliki sebuah hunian yang indah dan nyaman tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. 

Tentu saja ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan keindahan serta kenyamanan dalam hunian, entah itu dari segi interior maupun eksterior.  

Berbicara soal tingkat keindahan eksterior rumah, saat ini kisi-kisi kayu mulai banyak digandrungi oleh berbagai kalangan (khususnya kalangan menengah ke atas). 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan kisi-kisi kayu memiliki sifat yang multifungsi.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seluk-beluk seputar kisi-kisi kayu. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Kisi-kisi Kayu

Pada dasarnya, kisi-kisi kayu merupakan deretan bilah kayu yang ditata dalam pola horizontal maupun bentuk geometris lainnya. 

Adapun mengenai manfaat kisi-kisi kayu ini yang umumnya digunakan sebagai penghalang sinar matahari secara langsung.

Bukan hanya itu, penggunaan kisi-kisi kayu juga berperan sebagai pengatur sirkulasi udara di dalam sebuah ruangan. 

Masih belum habis, tentu saja keberadaan kisi-kisi kayu pun akan memperindah tampilan interior maupun exterior rumah kita.

Pasalnya, kisi-kisi kayu tampil dengan mengusung motif-motif garis yang dapat menciptakan nilai estetik. Dengan adanya kisi-kisi kayu, dinding yang tadinya polos akan terlihat lebih atraktif.

Jenis-jenis Kisi-kisi Kayu Terbaik yang Dapat Digunakan

1. Kisi-kisi Kayu Jati

Kisi-kisi Kayu Jati

Saat ditanya tentang jenis kayu mana yang mempunyai kualitas bagus, tentu saja pikiran kita akan langsung tertuju pada kayu jati bukan? Ya, jelas demikian, sebab kayu jati memiliki kualitas diatas rata-rata jenis kayu lainnya.

Untuk bagian terasnya, kayu jati ini tampil dengan warna emas gelap sedangkan bagian gubalnya mengusung warna krem atau bahkan putih kecoklatan. 

Pastinya penggunaan kisi-kisi kayu jati ini akan membuat tampilan interior maupun eksterior rumah kita menjadi lebih mewah, elegan, dan natural.

Pada tingkat keawetannya, kayu jati termasuk kedalam kategori kelas I. Menariknya lagi, kayu jati mempunyai kandungan minyak pelumas yang berperan sebagai pelindung dari serangan rayap. 

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu jati tidak mudah ditembus oleh rayap, tidak mudah mengalami pelapukan, hingga tahan terhadap perubahan cuaca.

Namun perlu diingat, tidak semua tipe kayu jati menawarkan kualitas yang sama. Pasalnya, kayu jati akan dibedakan lagi kedalam beberapa kelas berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C. 

Sesuai dengan urutan kelasnya, dimana jati grade A memiliki kualitas yang lebih bagus ketimbang grade B dan grade C. Itu sebabnya, mengapa kayu jati grade A dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. 

Baca Juga : Mengenal Parket Lantai Kayu Jati

2. Kisi-kisi Kayu Merbau

kisi-kisi kayu merbau

Selain kisi-kisi kayu jati, kamu juga wajib untuk mencoba kisi-kisi kayu merbau sebagai pemanis tampilan rumah. 

Mengenai tampilannya, kisi-kisi Kayu Merbau ini mengusung warna merah kecokelatan yang berpadu dengan pola serat berbentuk lurus.

Alhasil penggunaan kisi-kisi Kayu Merbau akan menghadirkan kesan yang lebih mewah, elegan, namun masih tetap natural. 

Tak hanya unggul dari segi tampilannya saja, bahkan kisi-kisi Kayu Merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap maupun perubahan cuaca ekstrim.

Namun, terdapat satu kekurangan dari kisi-kisi Kayu Merbau yang harus diketahui. Ya, umumnya Kayu Merbau ini biasanya akan mengeluarkan getah saat terkena air, sehingga tekstur permukaannya akan terasa lengket saat diraba dengan tangan.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena getah tersebut sama sekali tidak mengurangi kualitas dari kisi-kisi kayu merbau dan akan hilang dengan sendirinya paling cepat dalam waktu 2 minggu, atau paling lambatnya sekitar 1 – 2 bulan. 

Adapun mengenai harga kisi-kisi kayu merbau yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 60 ribuan per meter untuk ukuran 3 x 6 x 100 cm, dan Rp 400 ribu untuk ukuran 3 x 6 x 400 cm.

3. Kisi-kisi Kayu Ulin

Kisi-kisi Kayu Ulin

Untuk tampilan teksturnya, kayu ulin ini tampak terasa agak kasar dan sangat keras. Saking kerasnya, bahkan kayu ulin kerap dijuluki dengan nama “kayu besi“ sehingga proses pemotongannya pun tergolong cukup sulit.

Dengan demikian, maka tak heran jika kayu ulin sangat ideal dijadikan reng untuk menopang beban material genteng. 

Adapun tingkat kekuatan kayu ulin yang termasuk kedalam kelas I, begitu juga dengan tingkat keawetannya yang juga masuk ke dalam kelas I.

Dengan teksturnya yang sekeras besi, secara otomatis reng kayu ulin tidak akan mudah ditembus oleh rayap maupun hama serangga pemakan kayu lainnya. 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kisi-kisi kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca ekstrim.

Berbagai Penempatan Kisi-kisi Kayu

1. Dijadikan Sebagai Partisi (Sekat)

Dijadikan Sebagai Partisi (Sekat)

Untuk kamu yang tinggal di hunian minimalis, tentu saja penggunaan kisi-kisi kayu sebagai partisi merupakan pilihan paling tepat. 

Dengan adanya partisi berbentuk siku yang space-savingdan bergaya Japandi, pastinya akan ada transisi yang jelas antar ruang depan dengan ruang makan.

Tidak harus selalu dengan area yang besar, karena kamu dapat membingkai area tersebut lebih pas dengan kehadiran penataan Kisi-kisi Kayu yang unik. 

Disamping itu, jangan lupa juga pada bagian Kisi-kisi Kayu terdapat beberapa lubang kotak yang bisa kamu manfaatkan untuk meyimpan aksesoris pajangan.

2. Dijadikan Sebagai Plafon

Dijadikan Sebagai Plafon

Kisi-kisi Kayu tidak hanya diaplikasikan sebagai sekat atau dinding, melainkan juga bisa digunakan untuk langit-langit (plafon). 

Jika kamu tidak ingin mengambil seluruh bidang, maka Kisi-kisi Kayu ini bisa digunakan pada area yang dinilai strategis saja.

Dengan menggunakan Kisi-kisi Kayu sebagai plafon rumah, secara otomatis tampilan interior rumahmu akan tampak lebih mewah, elegan, dan natural.

Baca Juga : Jenis Plafon Rumah yang Dapat Memberikan Kemewahan

3. Dijadikan Sebagai Secondary Skin

Dijadikan Sebagai secondary skin

Apa yang dimaksud dengan Secondary Skin? Perlu kalian ketahui, Secondary Skin ini merupakan salah satu bagian paling luar dari fasad rumah yang biasanya tidak langsung menempel pada dinding eksterior rumah. 

Tak hanya dapat memperindah tampilan rumah, keberadaan Secondary Skin ini juga berguna untuk melindungi rumah dari paparan sinar matahari secara langsung.

4. Dijadikan Sebagai Atap Pergola

Dijadikan Sebagai Atap Pergola

Mungkin masih ada diantara kita yang belum tahu tentang pergola. Ya, pergola ini merupakan sebuah spot khusus area outdoor yang umumnya digunakan fungsi sebagai pembatas area taman. 

Adapun rangka keseluruhannya yang terbuat dari bahan kayu, kemudian bagian atasnya akan dilapisi tanaman rambat sebagai media penutup atap. 

Untuk hal ini, Kisi-kisi Kayu di area taman bisa dibuat dalam bentuk pergola dengan panel yang rapat pada salah satu sisi penyangga maupun sebagai atap yang teduh. 

Jika ingin memiliki area luar yang terpisah, tentu saja penggunaan Kisi-kisi Kayu merbau menjadi solusi terbaiknya.  

Baca Selengkapnya : Yuk, Kita Kenalan Dengan Kayu Pergola

Bagaimana, apakah kamu juga tertarik menggunakan kisi-kisi kayu untuk mempercantik tampilan rumah…???

 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Kisi-kisi Kayu? dan Untuk Apa Manfaatnya?"