Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Yuk, Kita Kenali Jenis-jenis Gorden

 

Yuk, Kita Kenali Jenis-jenis Gorden

Jenis gorden rumah – Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan gorden? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan elemen interior rumah yang satu ini. Ya, sebagaimana kita ketahui, bahwa gorden kerap diaplikasikan pada area jendela maupun kusen bagian atas.

Pasalnya, fungsi utama dari gorden itu sendiri sebagai penghalang sinar matahari agar tidak terlalu menyorot ke dalam rumah. Tak hanya itu, keberadaan gorden juga pastinya dapat memperindah tampilan interior rumah.

Akan tetapi, hal tersebut tergantung pada jenis gorden yang digunakan. Sebab pada masing-masing jenis gorden memiliki tampilan yang berbeda-beda.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis gorden. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Gorden Rumah

1. Gorden Pleat

Jenis-jenis Gorden Rumah - gorden pleat

Pada umumnya jenis gorden Pleat terdiri dari box pleated, tailored pleat, goblet pleat, dan pinch pleated. Adapun mengenai perbedaan dari keempatnya yang ada di bagian bentuk bagian atas gorden jendela.

Box pleated mempunyai lipatan yang berbentuk kota, sedangkan tailored pleat pada bagian ujung atasnya terdapat jahitan di setiap tiga lipatan sehingga tampak mengerucut. Selanjutnya goblet pleat yang mengikat tiga lipatan dan dibentuk sedemikian rupa, sehingga ia tampak menyerupai bentuk piala.

Terakhir adalah pinch pleated yang terdiri dari 3 hingga 5 lipatan dengan bentuk seimbang. Namun, semakin banyak lipatannya maka akan semakin banyak pula kain yang dibutuhkan untuk membuat gorden.

Baca Juga : Mengenal Macam-macam Jenis Kasur

2. Gorden Valances

Jenis-jenis Gorden Rumah - gorden valances

Dilihat dari segi bentuknya, gorden Valances ini tampak terlihat bergelombang yang membuat tampilannya semakin indah. Tentu saja kehadiran gorden Valances dapat meningkatkan nilai estetika dalam ruangan rumahmu.

Gorden Valances kerap digunakan pada bagian atas jendelanya saja, yang berfungsi untuk menutupi batang jendela. Tak hanya itu, gorden yang satu ini juga sering digabungkan dengan cascades untuk mempertegas nuansa mewah.

3. Gorden Rod Pocket

Jenis-jenis Gorden Rumah - gorden rod pocket

Gorden Rod Pocket ini boleh dibilang sebagai salah satu tipe gorden yang paling sederhana. Hal itu bukan tanpa alasan, karena materialnya yang terbuat dari bahan kain ringan. Mengenai fungsinya, gorden Rod Pocket ini hanya sebagai pembatas antar ruangan dengan elemen dekoratif di rumah.

Pada bagian atas gordennya terdapat ring dan lorong hasil keleiman yang berfungsi untuk menggantungkan ke batang jendela ramping. Dengan kata lain, gorden Rod Pocket ini lebih cocok diaplikasikan pada ruangan yang jarang digunakan.

4. Gorden Tab Top

jenis gorden rumah - Gorden Tab Top

Jenis gorden berikutnya yang cocok diaplikasikan pada jendela rumah, yakni berupa gorden Tab Top. Biasanya bagian ujung pada gorden yang satu ini sudah dilengkapi dengan kain untuk mengaitkannya ke batang besi jendela.

Material kain yang berfungsi sebagai pengkait tersebut juga terbuat dari bahan yang sama dengan gordennya. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan kain apa saja sebagai bahan membuatnya.

Gorden Tab Top tampil dengan menggantung datar dan membentuk lipatan-lipatan, sehingga membuatnya ideal digunakan untuk ruangan dengan nuansa santai.  

Artikel Menarik Lainnya : Jenis Kayu Terbaik Untuk Lantai

5. Gorden Scarves

jenis gorden rumah - Gorden Scarves

Menurut kabar yang beredar, Scarves ini merupakan jenis gorden yang paling mudah dipasang dan dikreasikan di rumah. Hal itu bukan tanpa alasan, karena gorden Scarves tidak mempunyai tempat gantungan seperti ring maupun kain.

Bagaimana tidak? sebab jenis gorden Scarves berupa kain panjang yang dililitkan pada batang jendela sebagai dekorasi saja. Dengan kata lain, gorden Scarves ini hanya menjadi elemen dekoratif untuk memberikan aksen indah pada bagian atas gorden jendela.

6. Gorden Blind

jenis gorden rumah - Gorden blind

Material gorden Blinds pada biasanya terbuat dari bahan kain kanvas, belacu, plastik, dan lain sebagainya. Gorden Blinds di Indonesia lebih populer dengan nama tirai, karena karakteristiknya yang dapat menutup jendela dari atas ke bawah.

Adapun mengenai beragam macam tipe tirai yang dapat kamu jumpai dipasaran. Tipe pertama berupa tirai dengan roller blinds yang bisa digulung menggunakan tali di bagian pinggir jendela. Lalu ada tirai tipe roman blinds yang saat ditarik bisa membentuk lipatan-lipatan indah.

Bukan hanya itu, terdapat juga pola vertikal dan horizontal Blinds yang bisa dibuka dengan cara mendatarkan bilahnya secara vertical maupun horizontal. Umumnya jenis gorden Blinds sering diaplikasikan pada perkantoran dan rumah minimalis.

7. Gorden Cascades

jenis gorden rumah - Gorden cascades

Selanjutnya ada gorden Cascades yang tampil menjuntai pada kedua sisi jendela. Adapun dua variasi gorden Cascades yang tersedia, yakni gorden dengan sama panjang atau  panjangnya di salah satu sisi saja.

Tak hanya itu, pada bagian atasnya tampak bergelombang serta membentuk setengah lingkaran. Alhasil, tampilan gorden yang satu ini terlihat sangat elegan dan menawan sehingga cocok diaplikasikan pada ruang baca maupun kamar tidur.

8. Gorden Draperies

jenis gorden rumah - Gorden draperies

Berbicara soal jenis gorden yang paling dekoratif, maka gorden Draperies ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ia tampil dengan mengusung motif dan warna indah sehingga dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah ruangan.

Seiring berjalannya waktu, kini gorden Draperies menghadirkan desain yang lebih simple dengan permukaan bergelombang serta menggantung sama panjang. Akan tetapi, bahan kainnya cukup berat karena mengandung arklirik di bagian lipatannya. Lantas, apa fungsi dari arklirik tersebut..??

Keberadaan arlikrik dalam gorden Draperies berfungsi untuk membuat ruangan menjadi lebih hangat, meredam suara berisik, hingga menghalangi cahaya yang masuk ke jendela.

Baca Juga : Tips Menata Rumah Lansia Supaya Lebih Aman

9. Gorden Eyelet

jenis gorden rumah - gorden eyelet

Biasanya gorden Eyelet sudah dilengkapi dengan ring-ring besi di bagian atasnya, yang berperan sebagai tempat gantungan ke batang jendela. Dengan adanya ring-ring tersebut, tentu saja akan memudahkan kita saat menggeser gorden.

Adapun mengenai material gordennya yang terbuat dari bahan kain ringan, serta mengusung desain yang simple namun masih terkesan modis. Itu sebabnya, mengapa gorden Eyelet kerap diaplikasikan pada rumah tipe minimalis.

10. Gorden Sheer

jenis gorden rumah - gorden sheer

Jenis gorden rumah berikutnya yang akan di bahas, yakni bernama gorden sheer. Meski terkesan buram, namun cahaya matahari dari luar masih bisa masuk melalui gorden Sheer. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat jenis gorden yang satu ini hanya berfungsi sebagai pelapis saja karena bahannya yang lebih tipis dibandingkan tipe gorden lain

Biasanya jenis gorden Sheer tampil dengan warna putih polos, atau menggunakan motif tertentu yang berbahan voile. Gorden Sheer sangat cocok diaplikasikan pada semua ruangan, serta dapat memberi batasan pandangan dari luar ke dalam.

Nah, itulah deretan jenis gorden terbaik yang cocok diaplikasikan untuk jendela rumah.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membeli salah satu jenis gorden tersebut...???

 

 

 

Posting Komentar untuk "Yuk, Kita Kenali Jenis-jenis Gorden"