Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Material Asbes?

 

Kelebihan dan Kekurangan Material Asbes

Kelebihan dan Kekurangan Asbes – Tentunya kita semua sudah tahu bahwa atap menjadi salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam bidang konstruksi bangunan.

Hal ini dikarenakan fungsi atap yang berperan sebagai pelindung dari faktor cuaca bagi penghuninya, entah itu berupa panasnya terik matahari, guyuran air hujan, dan terpaan angin.

Tak cuma itu, bahkan keberadaan atap juga berperan sebagai pengatur sirkulasi udara serta dapat meningkatkan nilai estetika pada hunian. Berbicara soal atap, pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan material abses bukan?

Material asbes terbuat dari campuran bahan mineral alami yang terdiri dari serat, silikat, serta komposisi kimia lainnya. Material satu ini memang terkenal dengan sifatnya yang tahan terhadap api. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ternyata material asbes juga memiliki kemampuan yang dapat ditenun menjadi kain lho.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika asbes kerap digunakan pada pembuatan tirai tahan api untuk teater serta pakaian tahan panas.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai kelebihan dan kekurangan material asbes, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Kelebihan Material Asbes

1. Mempunyai Bobot yang Lebih Ringan

asbes Mempunyai Bobot yang Lebih Ringan

Dibandingkan dengan jenis atap lainnya, ternyata Tak genteng asbes memiliki bobot yang lebih ringan lho. Dengan begitu, proses pemasangan genteng asbes pun tidak membutuhkan tenaga ekstra. Bahkan, pada pemasangan asbes juga tidak membutuhkan banyak material pendukung sehingga dapat menghemat biaya operasional.

Baca Juga : Keunggulan Pintu Kayu Merbau Beserta Daftar Harganya

2. Proses Instalasi yang Mudah dan Singkat

Proses Instalasi yang Mudah dan Singkat

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi bahwa genteng asbes mempunyai bobot yang lebih ringan. Bukan hanya itu, genteng asbes juga tampil dalam bentuk lembaran-lembaran panjang dengan tekstur halus dan berserat.

Tentu saja hal tersebut dapat memudahkan kita saat proses pemasangan genteng asbes. Bahkan, kita pun tidak harus menggunakan jasa profesional untuk memasang genteng asbes.

3. Menawarkan Harga yang Relatif Murah

Menawarkan Harga yang Relatif Murah

Keunggulan berikutnya dari atap asbes yang harus kamu ketahui, yakni menawarkan harga yang relatif murah.

Karena hal itulah yang menjadi alasan, mengapa material asbes kerap diaplikasikan untuk atap pada hunian kelas menengah ke bawah. Ya jelas demikian, sebab harga genteng asbes ini adalah yang paling murah dibanding jenis-jenis genteng yang lainnya.

Kekurangan Material Asbes

1. Rawan Patah Saat Terjadi Benturan

Rawan Patah Saat Terjadi Benturan

Material asbes tampil dengan ukuran yang tidak terlalu tebal dan bertekstur renyah. Nah, karena hal tersebutlah yang membuat asbes rentan terhadap benturan sehingga mudah mengalami keretakan dan patah. Maka dari itu, proses pemasangan genteng asbes harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai terinjak.

2. Membuat Suhu Ruangan Terasa Panas

pengggunaan asbes Membuat Suhu Ruangan Terasa Panas

Walaupun tahan terhadap panas dan api, ternyata material asbes tidak mampu menyerap panas. Sehingga tak heran jika penggunaan genteng asbes ini dapat membuat suhu didalam ruangan rumah menjadi panas, dan membuat penghuninya merasa gerah. 

Itu sebabnya, mengapa material atap yang satu ini tidak cocok diaplikasikan pada daerah bersuhu panas. Agar suhu panas tidak turun ke dalam ruangan rumah, maka kamu bisa memberi lapisan aluminium foil pada kerangka atapnya.

3. Tampilan Desain dan Warna yang Membosankan

Tampilan Desain dan Warna yang Membosankan

Selain terasa panas, kekurangan lain dari material asbes ini adalah tampilan warnanya yang terkesan monoton.

Hal itu pun terbukti, yang mana genteng asbes ini hanya menyediakan warna putih keabu-abuan saja. Tak hanya segi warna, bahkan tampilan monoton genteng asbes juga terdapat pada desainnya dengan bentuk gelombang saja.

4. Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

asbes Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Kekurangan berikutnya dari material asbes yang harus kamu ketahui, yakni tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Ya, material asbes memiliki zat partikel bersifat racun yang tentunya dapat membahayakan saat terhirup oleh manusia. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, partikel racun dari asbes ini bisa meningkatkan risiko infeksi paru-paru lho!

Baca Juga : Ingin Tahu Mudah Membuat Rumah Sehat? Ikuti Tips Ini

Berapakah Harga Asbes…???

Harga Asbes Merk Harvlex Per Lembar

  • Ukuran 150 x 80 x 0.35 cm : Rp 28.500
  • Ukuran 180 x 80 x 0.35 cm : Rp 33.500
  • Ukuran 210 x 80 x 0.35 cm : Rp 37.500
  • Ukuran 240 x 80 x 0.35 cm : Rp 42.500
  • Ukuran 270 x 80 x 0.35 cm : Rp 50.000
  • Ukuran300 x 80 x 0.35 cm : Rp 55.500
  • Ukuran 150 x 105 x 0.4 cm : Rp 45.000

Harga Asbes Merk Jabesmen Per Lembar

  • Ukuran 150 x 105 mm : Rp 42.500
  • Ukuran 180 x 105 mm : Rp 52.500
  • Ukuran 210 x 105 mm : Rp 57.000
  • Ukuran 240 x 105 mm : Rp 65.000
  • Ukuran 270 x 105 mm : Rp 75.000
  • Ukuran 300 x 105 mm : Rp 82.500

Baca Juga : Yuk, Kita Intip Keunggulan dan Kekurangan Plafon PVC Beserta Harganya

Tips Memasang Atap Asbes

1. Menggunakan Masker

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa material asbes memiliki partikel bersifat racun yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, wajib bagi kamu untuk menggunakan masker saat akan memasang genteng asbes.

Artikel Menarik Lainnya : 3 Langkah Mudah yang Ampuh Membasmi Kutu Kayu

 2. Lakukan Secara Hati-hati & Teliti

Dikarenakan material asbes memiliki tekstur yang tidak terlalu kuat, tentu saja pada proses pemasangannya harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai terinjak oleh kaki. Agar genteng asbes bisa menempel dengan sempurna, maka harus dipaku menggunakan paku payung. Selain itu, cek kembali antar bagian dan pastikan tidak ada rongga pada asbes.

3. Pastikan Pemasangannya Benar-benar Sudah Rapat

Hal penting berikutnya yang akan dibahas, yakni memastikan setiap pemasangan sambungan tumpukan akhir dan sampingnya telah rapat. Ya, hal ini bertujuan agar terhindar dari kebocoran.

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk-beluk seputar atap asbes, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Material Asbes?"