Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Review Jenis-jenis Kaca Rumah Beserta Spesifikasinya

 

Review Jenis-jenis Kaca Rumah Beserta Spesifikasinya

Jenis kaca rumah – Di era modern seperti sekarang ini hampir semua bangunan menggunakan material kaca sebagai bahan pelapis jendelanya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena keberadaan jendela kaca berperan sebagai askes masuknya sinar matahari kedalam rumah.

Namun, terdapat juga jenis kaca yang memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya sehingga penghuninya tidak akan merasa silau. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ternyata ada pula jenis kaca yang dapat menyerap energy panas lho.

Nah, untuk kamu yang ingi lebih tahu lagi seputar spesifikasi jenis-jenis kaca rumah, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

8 Jenis Kaca Rumah Terbaik

1. Kaca Bening

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kaca bening adalah salah satu jenis kaca yang paling umum digunakan untuk hunian. Sesuai dengan julukannya, yang mana jenis kaca ini tidak mempunyai warna serta bagian permukaannya yang rata dan transparan.

jenis Kaca Bening

Itu sebabnya, mengapa jenis kaca bening sangat ideal diaplikasikan untuk interior maupun eksterior rumah. Namun, kaca bening memiliki sifat yang dapat menghantarkan sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah secara langsung.

Apabila kamu ingin menggunakan kaca bening untuk hunian, sebaiknya tambahkan gorden agar paparan sinar mataharinya tidak terlalu menyorot ke dalam rumah.

Artikel Terkait : Yuk, Kita Kenali Jenis-jenis Gorden Rumah

2. Tinted Glass

Tinted glass atau yang biasa disebut dengan istilah Kaca Warna-warni, pada dasarnya merupakan kaca bening yang diberi pewarna serta campuran senyawa logam. Penambahan warna dan logam tersebut bertujuan agar kacanya menjadi tidak mudah tembus pandang.

jenis Tinted Glass

Adapun mengenai beragam varian warna kaca yang tersedia, mulai dari merah, kuning, hijau, orange, pink, biru, dan lain sebagainya. Biasanya jenis Kaca Warna-warni ini sering diaplikasikan pada bangunan-bangunan luas, seperti museum, teater, aula, dan sebagainya.

3. Kaca Patri

Pada proses pembuatannya, Kaca Patri ini merupakan pecahan kaca warna-warni yang dirangkai menjadi satu bagian. Ya, serpihan-serpihan kaca tersebut akan diolah dengan cara disusun menggunakan timah atau kuningan sehingga tercipta desain mozaik.

jenis Kaca Patri

Pada umumnya, jenis Kaca Patri ini banyak diaplikasikan untuk rumah mewah bergaya klasik. Bukan hanya itu, Kaca Patri juga kerap kita jumpai pada rumah ibadah seperti Masjid, Gereja, dan lain sebagainya.

4. Kaca Stopsol

jenis Kaca Stopsol

Apabila kaca bening banyak diaplikasikan pada hunian rumah, maka jenis Kaca Stopsol ini kerap diaplikasikan pada gedung-gedung perkantoran yang menjulang tiggi. Mengapa demikian?

Baca Juga : Jangan Asal Pilih. Inilah Jenis Lantai Terbaik Untuk Kantor

Pasalnya, jenis kaca yang satu ini memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya matahari. Alhasil, penggunaan Kaca Stopsol pun bisa mengurangi beban energi untuk pendinginan ruangan sehingga suhu didalamnya akan tampak lebih sejuk.

5. Kaca Sunergy

Jenis kaca terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk hunian, yakni berupa Kaca Sunergy. Dari segi materialnya, Kaca Sunergy ini terbuat dari bahan kaca bening yang sudah dilapisi dengan material lain agar tampilannya tampak lebih jernih dan transparan.

jenis Kaca Sunergy

Biasanya pembuatan Kaca Sunergy akan melalui proses vacuum sputtering, sehingga ia memiliki sifat yang dapat menyerap energy panas.

Itu artinya, penggunaan Kaca Sunergy akan mengurangi beban pendingin ruangan sehingga menjadi lebih hemat listrik. Sama seperti jenis kaca stopsol, yang mana kaca sunergy juga sering diaplikasikan pada gedung-gegung perkantoran. 

6. kaca Tempered

Berbicara soal jenis kaca dengan tingkat kekuatan dan ketahanan yang tinggi, maka Kaca Tempered ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Kaca Tempered ini 5 x lebih kuat ketimbang jenis kaca biasa.

jenis kaca Tempered

Hal itu pun terbukti, yang mana Kaca Tempered tahan terhadap benturan, tekanan air, terpaan angin kencang, hingga perubahan cuaca ekstrim. Nah, karena hal itulah yang membuat Kaca Tempered sering dipilih untuk diaplikasikan pada bangunan-bangunan penting, seperti bank, kantor pemerintahan, dan lain sebagainya.

7. Kaca Laminasi

Selain kaca tempered, Kaca Laminasi juga merupakan salah satu jenis kaca yang memiliki tingkat kekuatan tinggi. Bahkan, tingkat kekuatan pada kaca Kaca Laminasi ini lebih tinggi dari kaca tempered tadi lho.

jenis Kaca Laminasi

Pasalnya, Kaca Laminasi sudah terbukti sangat sulit untuk ditembus dan hanya akan mengalami keretakan saja saat terjadi benturan.

Seandainya terjadi benturan keras yang menyebabkan pecah, maka Kaca Laminasi ini tidak akan berhamburan sehingga tidak akan melukai penghuni di dalamnya. Itu sebabnya, mengapa kaca laminasi sering dijuluki dengan nama “Kaca anti peluru”.

Sehingga tak heran jika jenis kaca yang satu ini selalu menjadi andalan untuk bangunan-bangunan yang membutuhakan keamanan ekstra.

Baca Juga : Inilah Kelebihan dan Kekurangan Laminated Flooring

8. Kaca Double Glassing

Dari namanya saja sudah sangat jelas, dimana kaca ini terdiri dari dua lapisan kaca yang dipisahkan menggunakan alumunium atau style spacer di area tepiannya. Mengenai keunggulannya, Kaca Double Glassing ini mampu mengurangi energy panas dari paparan sinar matahari.

jenis Kaca Double Glassing

Tak hanya dapat mengurangi energy panas, bahkan Kaca Double Glassing juga dapat meredam suara bising dari arah luar lho. Itu sebabnya, mengapa Kaca Double Glassing banyak diaplikasikan pada hunian di kawasan perkotaan besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa jenis kaca terbaik yang bisa kamu aplikasikan pada hunian.

Dengan mengetahui spesifikasi pada masing-masingnya, tentu saja kamu dapat memilih jenis kaca yang sesuai dengan kebutuhan hunian bukan?

 

 

 

Posting Komentar untuk "Review Jenis-jenis Kaca Rumah Beserta Spesifikasinya"